Kamis, 16 Januari 2014

Sejarah dan Pengertian Chatting



A.  Sejarah Chatting

Untuk anda yang tidak sabar harus menunggu balasan e-mail, ada salah satu alternatif yang ditawarkan teknologi internet saat ini, yaitu instant messaging. Instant messaging adalah suatu bentuk layanan dimana menyajikan komunikasi realtime melalui internet yang cara kerjanya hampir sama dengan chatting. Berbeda dengan e-mail yang harus menunggu si penerima online dan membalas e-mail kita, dengan instant messaging kita tidak perlu berlama-lama menunggu pesan yang kita kirimkan dibalas oleh penerimanya. Dengan instant messaging ini, kita dapat menyimpan daftar alamat instant messaging orang-orang yang berinteraksi dengan kita dalam buddy list atau contact list. Kita juga dapat mengetahui apakah mereka sedang online atau tidak. Pada awal tahun 1990, orang-orang mulai banyak yang menghabiskan waktunya dengan internet. Creative Software Development mencoba mengembangkan sebuah software chat room di dalam web server. Di dalam chat room ini, sekelompok orang bisa saling mengirimkan pesan yang dapat dilihat oleh semua orang didalam chat room tersebut. Pada dasarnya, instant messaging adalah chat room hanya untuk 2 orang.

Instant messaging yang sebenarnya muncul pada tahun 1996, diawali dengan Mirabilis yang memperkenalkan ICQ. Sebuah instant messaging gratis yang bisa digunakan oleh semua orang. ICQ menggunakan sebuah software aplikasi yang harus di-install di komputer, barulah kita bisa menikmati fasilitas instant messaging ini. Pada tahun 1997, AOL dipertimbangkan sebagai pelopor dari komunitas online. AOL menawarkan kepada penggunanya fasilitas untuk berbicara langsung dengan lawan bicara didalam chat room atau instant messaging, seperti halnya kita menelepon. Akhirnya pada tahun 1998, AOL mengambil alih Mirabilis beserta ICQ-nya. Lalu ICQ menjadi model acuan untuk fasilitas instant messaging yang banyak ditawarkan saat ini.
Sekarang ini, banyak sekali software instant messaging yang menawarkan banyak fasilitas-fasilitas tambahan bagi penggunanya. Mulai dari Yahoo! Messenger, MSN Messenger, hingga Google Talk yang kesemuanya memiliki keunggulan masing-masing. Tidak hanya dapat mengetikkan teks saja dan mengirimkannya kepada lawan bicara, kita juga bisa mengirimkan data seperti gambar dan dokumen melalui instant messaging ini.
Dengan menggunakan webcam, kita juga bisa melihat wajah lawan bicara kita di layar monitor dan saling berkomunikasi layaknya orang bertelepon. Masalahnya sekarang, kita tinggal pilih mau menggunakan sofware instant messaging yang mana. Sekarang kita juga sudah bisa menikmati instant messaging di handphone atau PDA dengan menggunakan aplikasi instant messaging yang sangat bervariasi.
B. Pengertian Chatting
Chatting adalah suatu program untuk para pengguna internet dimana saja berada agar bisa mengenal satu sama lain walaupun dia berada jauh dari kita.Dengan Chatting kita juga bisa melihat wajah orang yang baru kita kenal tersebut jika di komputer kita ada satu alat yang disebut WEBCAM.
Langkah-langkah melakukan Chatting dengan Yahoo Messenger
1  Double Click Icon Yahoo Messenger
2.  Masukan User ID dan Password pada kotak dialog Sign In, seperti pada table di bawah ini :
Jika kita mau chatting maka kita harus punya dulu USER ID dan PASSWORD agar kita bisa masuk dan memilih room yang kita inginkan.Banyak diantara pengguna internet di Indonesia yang sudah memahami dengan baik apa itu chatting. Program yang biasanya dipakai untuk chatting pada umumnya adalah Yahoo Massenger dan MSN Hotmail yang bisa kita download dari websitenya secara gratis.
3. Tekan Enter atau Click Sign In pada kotak dialog, tunggu beberapa saat

Langkah-langkah melakukan chatting dengan mIRC
1.     Double click Icon mIRC
2.    Sebelum menggunakan mIRC, lakukan konfigurasi terlebih dahulu terhadap mIRC dengan    cara
3.    Pilih menu Tool è Option, maka akan tampak layer Option seperti gambar

< Manfaat dan Fungsi > <klik>

0 komentar:

Posting Komentar